fbpixel

Ini Syarat Vaksin Covid Untuk Anak 6-11 Tahun

Ini Syarat Vaksin Covid Untuk Anak 6-11 Tahun

Wren Nagata, 7, of Pasadena grimaces as he receives his COVID-19 vaccine from Jacqueline Valdez during an event kicking off coronavirus vaccinations for children age 5-11 at Eugene A. Obregon Park in Los Angeles on Wednesday, Nov. 3, 2021. (Keith Birmingham/The Orange County Register via AP)
Gelatik Nagata meringis saat menerima vaksin COVID-19 di Eugene A. Obregon Park di Los Angeles pada Rabu, 3 November 2021. 

Pemerintah akhirnya mengeluarkan aturan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun. Aturannya tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inemdagri) 66/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Baca juga : Mungkinkah muncul varian baru yang berbahaya di Indonesia? (doctortool.id)

Dalam beleid itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menginstruksikan pada gubernur dan wali kota untuk memulai vaksinasi anak usia 6 tahun hingga 11 tahun sudah bisa dimulai pada 24 Desember 2021.

Namun vaksinasi untuk anak berusia 6-11 tahun ini bisa dilakukan pada daerah yang sudah memenuhi ketentuan total masyarakat yang sudah divaksin di daerah tersebut.

“Memulai vaksinasi anak usia 6 tahun sampai dengan 11 tahun dengan ketentuan, telah mencapai target minimal 70 persen dosis pertama total sasaran dan target minimal 60 persen dosis pertama lansia sesuai dengan aturan yang berlaku,” tulis Inmendagri 66/2021 yang diteken Tito Karnavian 9 Desember 2021 dan dikutip CNBC Indonesia, Jumat (10/12/2021).

Informasi saja, Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin CoronaVac buatan Sinovac Biontech dan vaksin CoronaVac buatan Bio Farma untuk disuntikkan kepada anak usia 6-11 tahun.

Atas pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menerbitkan rekomendasi:

  • Vaksin Coronavac diberikan secara intramuskular (disuntikkan) dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali. Dosis ini sama dengan orang dewasa.
  • Vaksin Coronavac disuntikkan dua kali dengan jarak antara dosis pertama dengan dosis kedua adalah 28 hari.
  • Sebelum dan sesudah vaksin semua anak harus memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.
  • Melakukan imunisasi kejar dan rutin untuk mencegah kejadian luar biasa penyakit infeksi lainnya yang telah tersedia imunisasinya.

IDAI juga memberikan saran agar anak yang mengalami beberapa masalah tidak disuntikkan dulu vaksin Covid-19. Berikut rekomendasinya:

  1. Defisiensi imun primer, penyakit autoimun tidak terkontrol
  2. Mengalami penyakit Sindrom Guillain Barre, mielitis transversa, acute demyelinating, danencephalomyelitis
  3. Anak menderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi/radioterapi
  4. Sedang mendapatkan pengobatan imunosupresan/sitostatika berat.
  5. Sedang demam 37,5 derajat Celcius atau lebih
  6. Sembuh dari Covid-19 kurang dari 3 bulan
  7. Pascaimunisasi lain kurang dari 1 bulan
  8. Hamil
  9. Hipertensi tidak terkendali
  10. Diabetes tidak terkendali
  11. Penyakit kronik yang tidak terkendali

Sumber : Bunda, Ini Syarat Vaksin Covid Untuk Anak 6-11 Tahun (cnbcindonesia.com)

Share this post


Tim Sales dan Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda