fbpixel

Indonesia Berhasil Meningkatkan Testing Rate di Atas Standar WHO

Indonesia Berhasil Meningkatkan Testing Rate di Atas Standar WHO

Update Penanganan Covid-19: Indonesia Berhasil Meningkatkan Testing Rate di Atas Standar WHO
Petugas medis melakukan tes swab PCR kepada warga di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (23/7/2021). Pemerintah berencana melakukan peningkatan testing dan pelacakan atau tracing secara masif dalam waktu dekat. Upaya tes dan tracing tersebut rencananya akan dilakukan di kawasan padat penduduk di sejumlah wilayah.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyampaikan Update terkini terkait situasi penanganan Covid-19 nasional. Ia mengungkapkan jika terus terjadi penurunan kasus aktif dan angka kematian di Indonesia. Secara nasional terjadi penurunan kasus aktif sebanyak 30 persen dan penurunan jumlah kematian 23 persen.

Baca juga : Belanda Longgarkan Pembatasan Covid-19 dan Kenalkan Paspor Vaksin (doctortool.id)

Namun, masih ada provinsi yang mencatatkan insidensi dan angka kematian relatif tinggi. Di antaranya provinsi Kalimantan Utara, Bangka Belitung dan DIY Yogyakarta.

Selanjutnya Indonesia telah berhasil meningkatkan testing rate. Kini sudah meningkat menjadi 3,57 orang yang sudah diperiksa perseribu penduduk perminggu. “Ini merupakan di atas standar WHO yaitu standar orang yang diperiksa 1 perseribu penduduk perminggu, merupakan indikator parameter yang konferehensif,” ungkapnya dalam konferensi pers melalui kanal YouTube FMB9ID, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, Nadia menyebut jika seluruh provinsi telah mencapai standar minimal tersebut. Ada beberapa provinsi yang mencatatkan testing rate yang cukup tinggi. Yaitu provinsi Riau, Bali, Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta. Postivity rate nasional juga sudah mencapai angka empat persen. Kurang dari 5 persen sesuai standar WHO. Penggunaan ruang rumah sakit juga mengalami penurunan siginifikan. Seiring berkurangnya jumlah kasus aktif dan peningkatan angka kesembuhan. Baik di tingkat nasional, provinsi serta kabupaten dan kota.

“Trend penuruna di seluruh indikator merupakan salah satu bukti keseriusan kita semua dalam mengendalikan pandemi Covid-19. Akan tetap perlu diingat upaya bagaimana mempertahakan capaian,” pungkasnya.

Sumber : Update Penanganan Covid-19: Indonesia Berhasil Meningkatkan Testing Rate di Atas Standar WHO – Tribunnews.com

Share this post


Tim Sales dan Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda