fbpixel

Kembali Bekerja Pasca-liburan Lebaran 2022, ASN Pemkot Depok Jalani Tes Covid-19

Kembali Bekerja Pasca-liburan Lebaran 2022, ASN Pemkot Depok Jalani Tes Covid-19

blank
Petugas kesehatan melihat hasil tes usap cepat antigen di kawasan kuliner Pasar Lama, Tangerang, Banten, Jumat (28/1/2022). Tes antigen yang dilakukan terhadap pedagang dan pengunjung kawasan tersebut guna mencegah penularan COVID-19 di tempat keramaian. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.(FAUZAN)

DEPOK, KOMPAS.com – Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Depok menjalani tes swab antigen di Balai Kota, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, pada Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Varian Covid Beragam, Menkumham : Perketat Jalur Masuk Indonesia (doctortool.id)

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, tes Covid-19 tersebut diberlakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca-liburan Lebaran 2022.

“Ini menjadi perhatian kita sebelum masuk kerja untuk mengantisipasi (penyebaran Covid-19),” ujar Idris di Balai Kota, Senin. Menurut dia, sebanyak 40 persen dari ASN di lingkup kerja Pemerintah Kota Depok menjalani mudik Lebaran. Sisanya mekakukan kunjungan wisata ke daerah terdekat, seperti Sukabumi dan Bandung di Jawa Barat.

Idris menegaskan, semua ASN Pemerintah Kota Depok wajib menjalani tes antigen pada hari pertama kerja. “Saya tidak perkenankan acara halalbihalal apa pun bentuknya. Kumpul-kumpul di kantor, di dinas, sebelum dipastikan hasil swab negatif pada hari ini,” ujar Idris.

Sementara itu, pelaksanaan tes Covid-19 untuk kalangan guru dilakukan pada hari berikutnya karena keterbatasan jumlah petugas pelaksana tes. “Karena pelaksananya kurang, maka dilakukan besok,” kata Idris. Lebih lanjut, Idris mengatakan bahwa akan ada tes lanjutan untuk ASN yang dinyatakan positif pada tes antigen. Jika masih berstatus positif pada tes selanjutnya, akan dilakukan isolasi terhadap ASN yang bersangkutan.

“Kalau ada yang positif lanjutannya PCR, mereka harus isolasi sementara. Kepala daerah boleh mengeluarkan kebijakan untuk WFH (kerja dari rumah atau work from home),” ucap Idris. “Mudah-mudahan sih tidak banyak kasus-kasus terjaring satu, dua orang, tiga orang nanti kita suruh isolasi.

Selebihnya (yang hasilnya negatif) kita kerja sebagaimana biasa, ini tujuannya untuk meningkatkan pelayanan lebih prima, kita yang melayani masyarakat lebih dulu harus sehat,” sambungnya. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Kembali Bekerja Pasca-liburan Lebaran 2022, ASN Pemkot Depok Jalani Tes Covid-19 (kompas.com)

Share this post


Tim Sales dan Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda