fbpixel

Deretan Vaksin Corona yang Sukses Hasilkan Antibodi Covid-19

Deretan Vaksin Corona yang Sukses Hasilkan Antibodi Covid-19

Deretan Vaksin Corona yang Sukses Hasilkan Antibodi Covid-19
Foto: Infografis/Apakah Vaksin Corona Sudah Ditemukan? Ini Updatenya!/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia – Peneliti di seluruh dunia terus berusaha menemukan vaksin virus corona agar kembali hidup normal. Saat ini sudah ada tiga vaksin yang dilaporkan sukses menghasilkan antibodi Covid-19.

Mengutip data World Health Organization (WHO) tertanggal 9 Juni 2020, ada 10 vaksin yang sedang dicobakan ke manusia. Yakni, Universitas of Oxford; CanSino Biological; dan Moderna. Lalu Wuhan Institute of Biological Products dengan dua jenis vaksin; Sinovac; Novavax; BioNTech; Institute of Medical Biology; dan Inovio Pharmaceuticals.

“Jika semua berjalan dengan baik, akhir tahun kita akan mendapat jawaban vaksin mana yang bekerja untuk lawan corona,” ujar John Mascola, direktur National Institute of Health (NIH), seperti dilansir dari AP, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Era New Normal, Berikut Starter Kit Dalam Tas Siaga Covid-19

Berikut 3 vaksin corona yang sukses bentuk antibodi Covid-19:

1. Beijing Institute Bitechnologies

Vaksin buatan Beijing Institute Biotechnologies dan CanSino Biological bernama Ad5-nCoV telah berhasil memicu antibodi penawar pada puluhan pasien. Hasil uji klinis tahap awal ini pun yang dipublikasikan di jurnal kesehatan The Lancet.

Uji coba ini dilakukan pada peserta berusia 18 hingga 60 tahun dan menerima dosis rendah, sedang atau tinggi. Terdapat 36 orang di setiap kelompok dosis tersebut. Kandidat uji coba vaksin diinduksi dengan antibodi yang mengikat pada sebagian besar pasien corona yang telah terjangkit 28 hari.

Dalam uji coba vaksin ini, pada hari ke-28, pasien yang mendapat dosis vaksin rendah dan menengah menunjukkan adanya antibodi penawar dibandingkan dengan pasien dalam kelompok dosis tinggi.

2. Moderna

Moderna Inc kembangkan vaksin Covid-19bernama mRNA-1273. Perusahaan ini menyatakan vaksinnya berhasil menciptakan antibodi penawar Covid-19. Namun, hasil penelitiannya belum diterbitkan dalam jurnal kesehatan manapun.

Berdasarkan penelitian perusahaan, imun atau antibodi dari 8 orang yang diujicobakan mampu menghasilkan antibodi Covid-19. Antibodi tersebut sama dengan para ‘survivor’ yang pernah tertular Covid-19.

3. Sinovac

Sinovac mengklaim vaksin Covid-19 ini aman dan mampu memicu respons kekebalan dan menunjukkan adanya potensi mempertahankan diri melawan infeksi virus corona baru. Vaksin buatan Sinovac diberi nama CoronaVac.

Bloomberg melaporkan vaksin Covid-19 belum menunjukkan efek samping yang parah dan 90% orang yang disuntikkan vaksin ini menunjukkan adanya pembentukan antibodi penawar dalam 14 hari setelah inokulasi, kata Sinovac dalam siaran pers.

Uji klinis fase I dan fase II dilakukan di China dengan melibatkan 743 relawan dengan rentan usia 18 tahun hingga 59 tahun. Perusahaan masih memantau perkembangan uji ini hingga 28 hari setelah disuntikkan dan akan dipublikasikan di jurnal akademik.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200616065325-37-165592/deretan-vaksin-corona-yang-sukses-hasilkan-antibodi-covid-19

Share this post

Tinggalkan Balasan


Tim Sales dan Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda