fbpixel

Muncul BA.4-BA.5 di Tengah Kenaikan COVID-19 RI, Saatnya Waspada?

Muncul BA.4-BA.5 di Tengah Kenaikan COVID-19 RI, Saatnya Waspada?

blank
Foto: Pradita Utama

Jakarta – Indonesia kembali menghadapi kenaikan kasus COVID-19, kali ini berbarengan dengan masuknya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Pada Kamis (15/6/2022), RI mencatat 1.242 kasus baru COVID-19, tertinggi dalam beberapa waktu belakangan. Apakah berarti sudah harus mulai waspada lagi?

Baca juga: Hari Kebangkitan Bangsa, Wamenkes Ajak Bangkit dari Covid-19 (doctortool.id)


Juru bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahri memaparkan, angka penambahan kasus, hospitalisasi, dan kasus kematian bisa berfluktuasi imbas penyebaran varian baru virus Corona.

Namun pada subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 kali ini, diyakini gejala yang timbul relatif lebih ringan dibandingkan varian Corona sebelumnya. Dengan prediksi, puncaknya akan tiba pada pertengahan Juli mendatang.

“Subvarian baru ini lebih ringan gejalanya yang timbul berdasarkan laporan dari negara-negara yang sudah melaporkan. Kenaikan kasus bisa terjadi seperti prediksi Bapak Menteri Kesehatan mungkin di pertengahan Juli,” ujarnya dalam siaran langsung agenda daring, Rabu (15/6/2022).

Lebih lanjut menurutnya, masyarakat Indonesia tidak perlu panik menyikapi kenaikan kasus COVID-19 kali ini. Pasalnya bercermin pada pengalaman sebelumnya, Indonesia sudah pernah melalui gelombang COVID-19 varian Delta dan Omiron. Yang penting, protokol kesehatan senantiasa diterapkan dibarengi vaksinasi COVID-19.

“Kita akan antisipasi dan tidak terlalu panik, karena kita punya pengalaman di lonjakan Delta dan lonjakan Omicron itu naik semua. Apalagi sekarang kita jauh lebih ringan gejalanya, jadi nanti masyarakat tidak perlu panik, tidak perlu bingung, tidak usah galau, tidak usah cemas,” beber Syahril.

“Kenaikan itu bisa terjadi karena mutasi virus ini bisa menyebabkan kenaikan kasus, cuma kita bisa melakukan mitigasi risiko yang terjadi,” pungkasnya.

Sumber: Muncul BA.4-BA.5 di Tengah Kenaikan COVID-19 RI, Saatnya Waspada? (detik.com)

Share this post


Tim Sales dan Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda