fbpixel

11 Cara Sederhana yang Bisa Bikin Kamu Lebih Panjang Umur

11 Cara Sederhana yang Bisa Bikin Kamu Lebih Panjang Umur

blank
Ilustrasi. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar panjang umur

Setiap orang pasti menginginkan umur yang panjang. Namun, dibutuhkan usaha yang konsisten untuk bisa mencapainya. Beberapa kebiasaan sehari-hari berikut diketahui bisa bikin panjang umur. Banyak hal yang bisa menjadi indikasi umur panjang. Salah satu yang paling utama adalah kesehatan, baik secara fisik maupun psikis. Sehat secara fisik berarti tubuh yang terhindar dari berbagai penyakit kronis yang mematikan. Sementara sehat secara psikis diketahui dapat menurunkan risiko berbagai penyakit.

Baca Juga: Akselerasi UHC, BPJS Kesehatan Luncurkan Program Pesiar

Kebiasaan sehari-hari yang bikin panjang umur
Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan angka harapan hidup antara lain yaitu:

1. Rajin berjemur
Berjemur jadi salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan umur panjang. Mengutip Very Well Health, paparan sinar matahari memicu sel-sel di kulit memproduksi vitamin D. Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan, kekurangan vitamin D dikaitkan dengan risiko kematian akibat penyakit kronis. Selain menjaga kesehatan tulang, asupan vitamin D yang cukup juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Anda cukup berjemur selama 10-15 menit di pagi hari untuk menjaga kadar vitamin D yang sehat.

2. Kongko sama teman

Boleh saja jadi pribadi yang introvert. Tapi ingat, Anda tetap perlu bersosialisasi. Penelitian menunjukkan, semakin terhubung seseorang dengan orang-orang berharga di sekitarnya, maka kesehatannya semakin terjamin. Meski tak diketahui pasti hubungan antara keduanya, namun para ilmuwan percaya bahwa hubungan sosial yang positif dapat menekan tingkat stres seseorang.

3. Olahraga setiap hari
Bukan rahasia lagi, olahraga jadi salah satu kunci utama panjang umur. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Aging Research menemukan, orang yang rutin berolahraga, bahkan hanya tiga jam seminggu, hidup hingga 6,9 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang jarang berolahraga. Cara termudah untuk membangun kebiasaan adalah dengan berkomitmen berolahraga setiap hari meski hanya 20 menit.

4. Flossing setiap hari
Meski terdengar agak aneh, namun flossing atau membersihkan gigi dengan benang setiap hari dapat memperpanjang harapan hidup. Flossing mencegah penyakit gusi sekaligus membuat mulut terhindar dari bakteri yang bisa merusak dan memasuki aliran darah. Bakteri ini dapat bermigrasi ke jantung dan memicu infeksi. Sebuah studi di Journal of Clinical Periodontology menemukan, penyakit gusi periodontitis dapat meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung.

5. Lebih sering bercinta
Tips satu ini tentu hanya diperuntukkan bagi pasangan suami istri. Coba lah untuk meningkatkan intensitas hubungan seks. Seks dianggap dapat meningkatkan rasa sejahtera secara keseluruhan. Sebuah penelitian bahkan menemukan, pria dengan frekuensi orgasme yang tinggi mengalami penurunan risiko kematian hingga 50 persen.

6. Tahu cara meredakan stres
Stres bukan sesuatu yang bisa dihindari dalam hidup. Namun, Anda perlu tahu cara untuk meredakan stres.
Setiap orang pasti memiliki cara meredakan stres yang berbeda satu sama lain. Anda bisa melakukan yoga, bermeditasi, atau melakukan hobi dan hal-hal yang disukai. Stres memicu pelepasan hormon kortisol yang dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Peningkatan dalam jangka panjang bisa berbahaya dan memicu penyakit jantung.

7. Kurangi intensitas nonton TV
Dengan mengurangi kebiasaan menonton televisi, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan harapan hidup. Alasannya beragam. Pertama, terlalu asyik menonton TV bisa membuat tubuh jadi tidak aktif bergerak yang pada akhirnya bisa memicu sejumlah masalah kesehatan kronis. Kedua, sajian televisi juga bisa memicu stres. Utamanya bagi Anda yang gemar menonton berita. Ketiga, berbagai tontonan juga sering kali menghalangi interaksi sosial yang berkualitas yang dapat menyebabkan kecemasan dan depresi.

8. Hindari risiko kematian
Seiring bertambahnya usia, ada kondisi dan perilaku yang dapat meningkatkan risiko kematian. Berikut beberapa di antaranya, berdasarkan studi di jurnal Aging pada 2021 lalu yaitu:

– duduk terlalu lama, kehilangan umur 2-4 tahun,
– tekanan darah tinggi, kehilangan umur 4-5 tahun,
– tubuh mengurus signifikan, kehilangan umur 4-8 tahun,
– merokok, kehilangan umur 5-7 tahun,
– penyalahgunaan alkojol, kehilangan umur 5-7 tahun,
– tak aktif secara fisik, kehilangan umur 5-7 tahun,
– diabetes tipe 2, kehilangan umur 7-10 tahun.

9. Rajin cek kesehatan
Penyakit kronis sering kali diketahui saat sudah memasuki kondisi lanjut. Hal ini membuat perawatan yang diberikan jadi tidak maksimal. Untuk itu, Anda disarankan untuk rajin melakukan pemeriksaan kesehatan berdasarkan usia dan jenis kelamin.

10. Tidur siang
Tidur siang juga jadi salah satu rahasia panjang umur. Mengutip WebMD, hal ini bahkan telah dibuktikan secara ilmiah. Sebuah penelitian menemukan, mereka yang sering tidur siang memiliki kemungkinan 37 persen lebih kecil untuk meninggal dunia karena penyakit jantung dibandingkan mereka yang jarang tidur siang. Para peneliti berpendapat tidur siang dapat membantu jantung menurunkan hormon stres.

11. Ikuti pola makan Mediterania atau Okinawa
Pola makan juga jelas jadi kunci panjang umur. Secara umum, ada dua pola makan yang dikenal dapat meningkatkan harapan hidup. Keduanya adalah diet Mediterania dan pola makan orang-orang Okinawa, Jepang. Diet Mediterania sendiri kaya akan buah, sayur, biji-bijian, minyak zaitun, dan ikan. Pola makan ini juga membantu Anda terhindar dari risiko obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan hal-hal lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Sementara orang-orang Okinawa terbiasa mengonsumsi sayuran hijau dan makanan rendah kalori. Mereka juga punya kebiasaan hanya makan 80 persen dari makanan yang ada di piring mereka.

Sumber: 11 Cara Sederhana yang Bisa Bikin Kamu Lebih Panjang Umur

Share this post


Tim Sales dan Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda