fbpixel

4 Manfaat Kesehatan Telur Rebus yang Jarang Diketahui

4 Manfaat Kesehatan Telur Rebus yang Jarang Diketahui

blank
Foto: Telur ayam (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)

Telur memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Selain harganya yang relatif murah, telur juga mudah diolah menjadi banyak lauk yang lezat.

Salah satu penyajian telur paling umum adalah dengan merebusnya. Bahkan salah satu studi juga telah menunjukkan dengan mengonsumsi tiga butir telur per hari masih aman untuk orang yang tidak memiliki kecenderungan kolesterol tinggi.

Manfaat Telur Rebus

Sama dengan susu, telur mengandung protein tinggi. Satu butir telur hanya mengandung sekitar 72 kalori, tetapi mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi, 5 gram lemak, dan 1,6 gram lemak jenuh, bersama dengan zat besi, vitamin, mineral, dan karotenoid.

Telur juga mengandung nutrisi penangkal penyakit seperti lutein dan zeaxanthin. Karotenoid ini dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua.

Berikut adalah beberapa contoh manfaat kesehatan dari telur rebus, seperti dikutip dari WebMD:

1. Penurunan berat badan

Telur rebus adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik. Mengonsumsi telur rebus membuat Anda merasa kenyang tanpa terlalu banyak kalori sehingga baik bagi yang ingin menurunkan berat badan.

2. Menguatkan tulang prenatal

Protein dalam telur rebus bekerja seperti vitamin D untuk mendorong perkembangan prenatal. Kandungan ini mendukung pertumbuhan gigi, tulang, dan pertumbuhan umum bayi Anda selama kehamilan.

3. Menjaga fungsi otak

Kolin penting untuk dan pertumbuhan sel. Dan telur rebus bisa menjadi sumber makanan terbaik untuk mendapatkan kolin. Perkembangan otak dan daya ingat dapat ditingkatkan dengan kandungan kolin dalam telur.

4. Menjaga kesehatan mata

Lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam telur rebus memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu menjaga kesehatan mata.

Baca Juga : 2 Cara Deteksi Pemicu Alergi Anak di Rumah

Nutrisi Telur Rebus

Satu telur rebus besar (satu porsi) mengandung:

Kalori: 72

Lemak Total: 5 gram

Lemak jenuh: 1,6 gram

Kolesterol: 206 miligram

Natrium: 65 mg

Karbohidrat: 0,5 gram

Gula: 0,1 gram

Protein: 6 gram

Telur rebus juga merupakan sumber vitamin A, vitamin D, kalsium, dan zat besi.

Sumber : 4 Manfaat Kesehatan Telur Rebus yang Jarang Diketahui

Share this post


Tim Sales dan Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda