fbpixel

Misterius, Varian Lokal Covid RI Ditemukan! Beda dari Omicron

Misterius, Varian Lokal Covid RI Ditemukan! Beda dari Omicron

Zona merah di Kelurahan Kerukut, Tamansari, Jakarta, Senin (10/1/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Zona merah di Kelurahan Kerukut, Tamansari, Jakarta, Senin (10/1/2022).

Sebuah varian lokal Covid-19 ditemukan di Indonesia. Varian yang bermutasi dan berkembang biak di lingkungan sekitar itu pertama kali ditemukan di Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga : Prediksi IDI Puncak Infeksi Covid Varian Omicron di Indonesia – DoctorTool

Adalah Institute Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga yang pertama kali menemukan varian tersebut, setelah melakukan uji coba pada 18 sampel yang terdeteksi dari pasien Covid-19 di universitas.

“Ada 8 varian Omicron, 9 varian Delta, dan satu varian lokal,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Erwin Astha Tryiono, seperti dikutip detik.com, Selasa (18/1/2022).

ITD sendiri mengklaim bahwa varian tersebut berbeda dengan mutasi Covid-19 manapun, baik itu Delta atau Omicron. Varian itu juga disebut berbeda secara karateristik dengan Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada 2019 lalu.

Eks Direktur Penyakit Menular Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara Tjandra Yoga Aditama lantas angkat bicara. Menurutnya, jika benar ditemukan sebuah varian lokal, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Pertama, adalah menganalisa secara genomik. “Mungkin dilihat phyllogenetic tree-nya dan lain-lain. Di upload ke GISAID, kalau dirasa perlu,” kata Tjandra melalui keterangan tertulis, Selasa (18/1/2022).

“Kalau dianggap penting, maka IHR Focal Point Indonesia tinggal menginformasikan ke GOARN untuk nanti diputuskan apakah akan masuk VUM atau tidak. Atau mungkin saja sudah ada laporan varian serupa dari beberapa negara lain yang mungkin perangainya tidak mengkhawatirkan,” jelasnya.

Tjandra menegaskan bahwa Virus SARS CoV2 akan terus bermutasi dan tidak menutup kemungkinan muncul varian baru di berbagai belahan dunia. Namun, menurutnya, hal tersebut perlu penelitian lebih dalam.

“Tetapi varian baru bisa saja tidak punya dampak pada kesehatan masyarakat, atau ada dampak terbatas, dan lain-lain,” tegasnya.

Sumber : Misterius, Varian Lokal Covid RI Ditemukan! Beda dari Omicron (cnbcindonesia.com)

Share this post


Tim Sales dan Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda