fbpixel

Dunia Tercengang Lihat Indonesia Bisa Kendalikan Covid-19 dengan Baik

Dunia Tercengang Lihat Indonesia Bisa Kendalikan Covid-19 dengan Baik

Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Antara)

 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan dunia tercengan melihat Indonesia bisa mengendalikan pandemi Covid-19 dengan baik. Menurut Anies, Indonesia saat ini berada dalam situasi aman dari penyebaran Covid-19, setelah menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19 yang mencapai puncaknya pada Juli 2021 lalu.

Baca juga : Pemerintah Minta Semua Pihak Dukung Pelaksanaan PTM Terbatas (doctortool.id)

“Hari ini dunia menengok ke Indonesia dengan rasa cengang betapa kita bisa menjalani masa ujian kemarin dengan baik dan sekarang kita di fase yang jauh lebih aman,” ujar Anies saat memberikan sambutan di acara peringatan Hari Rapat Raksasa Ikada ke 76 Tahun 2021 yang disiarkan oleh Youtube Pemprov DKI Jakarta, Senin (20/9/2021).

Menurut Anies, kunci bangsa Indonesia bisa mengendalikan pandemi Covid-19 adalah kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam melawan dan menangani Covid-19. Dia menilai pemerintah tidak bisa bekerja sendirian dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan juga masyarakat tidak bisa dibiarkan berjalan sendirian dalam berjuang mengatasi virus yang mematikan ini.

“Alhamdulillah selama beberapa bulan ini kita menyaksikan kerja kolosal yang luar biasa, kita sekarang mengistilahkan dengan terminologi kolaborasi, kerja bersama seluruh komponen, baik yang berada di jajaran atas nama negara dan baik di jajaran atas nama rakyat dengan berbagai badan yang ada di dalamnya, bekerja bersama-sama menghadapi pandemi ini, dan itu mengantarkan kita semua melewati masa-masa sulit beberapa bulan yang lalu,” jelas Anies.

Anies pun memandang, semangat kerja sama dan kolaborasi ini merupakan nilai dan inspirasi penting dari peristiwa Ikada 19 November 1945 di mana pada saat itu sebanyak 300.000-an warga Jakarta berkumpul di lapangan Ikada untuk terus mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan yang sudah diproklamirkan pada 17 Agustus. Saat itu, penduduk Jakarta sebanyak 620.000 orang.

“Kita semua yang bertugas di Jakarta, jangan pernah anggap remeh peristiwa Ikada 1945, itulah cikal bakal bangkitanya gerakan rakyat di seluruh Indonesia. Inilah cikal bakal solidnya gerakan rakyat bersama dengan pemerintah,” kata Anies.

“Karena itu saat ini solidnya kita berkerja bersama dalam menghadapi pandemi harus diteruskan dalam kerja bersama di berbagai aspek. Rakyat memilih untuk datang ke lapangan Ikada karena mereka menginginkan merdeka, mereka menginginkan merdeka bukan untuk merdeka saja, tetapi menginginkan merdeka untuk merubah nasibnya,” pungkas Anies.

Diketahui, Rapat Raksasa Lapangan Ikada terjadi pada 19 September 1945, saat Soekarno memberikan pidato singkat di hadapan ribuan rakyat di Lapangan Ikada dalam rangka memperingati 1 bulan proklamasi kemerdekaan. Di berbagai tempat, masyarakat dengan dipelopori para pemuda menyelenggarakan rapat dan demonstrasi untuk membulatkan tekad menyambut kemerdekaan. Di Lapangan Ikada atau Ikatan Atletik Djakarta pada 19 September 1945 dilaksanakan rapat umum yang dipelopori Komite Van Aksi. Lapangan Ikada sekarang ini terletak di sebelah selatan Lapangan Monas.

Sumber : Anies Sebut Dunia Tercengang Lihat Indonesia Bisa Kendalikan Covid-19 dengan Baik (beritasatu.com)

Share this post


Tim Sales dan Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda