fbpixel

Makin Melandai, Kasus Covid-19 di RI Tambah 8.955 Hari Ini

Makin Melandai, Kasus Covid-19 di RI Tambah 8.955 Hari Ini

Warga menjalani test antigen untuk mendeteksi Covid-19 di Kelurahan Kayu Putih, Jakarta, Selasa (8/6). Satu RT di Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur, yakni RT 11, menerapkan lockdown atau penguncian wilayah sementara usai 22 warga dinyatakan positif covid-19.kasus aktif Covid-19 di wilayah RT 11/09 tersebut berasal dari klaster keluarga, namun ada kemungkinan besar juga berasal dari klaster kerumunan mengingat di wilayah tersebut terdapat taman yang digunakan oleh para warga secara bebas dalam beraktivitas. Dalam menangani kasus aktif Covid-19 di wilayah tersebut, pihaknya tak hanya menerapkan mikro-lockdown. Namun juga turut mendistribusikan bantuan-bantuan terhadap warga yang terdampak agar dapat melewati masa pandemi Covid-19. Puluhan warga yang positif itu kini menjalani isolasi di berbagai tempat. Bagi yang bergejala, dibawa ke rumah sakit, sisanya menjalani isolasi di Wisma Atlet dan rumah masing-masing.a (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Foto: Warga menjalani test antigen untuk mendeteksi Covid-19 di pemukiman yang menerapkan lockdown mikro di Kelurahan Kayu Putih, Jakarta, Selasa (8/6/2021). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan terbaru soal Covid-19. Belum usai varian Delta, kini muncul varian terbaru lagi varian Mu, atau dikenal ilmuwan dengan B.1621.

Baca juga : Daftar 5 Daerah dengan Kasus Positif Covid-19 Tertinggi – DoctorTool

Di Indonesia sendiri, kasus Covid-19 masih terus bertambah meski menunjukkan tanda-tanda melandai. Kementerian Kesehatan mencatat pada Kamis (2/9/2021) kasus Covid-19 bertambah 8.955 orang.

Dengan begitu jumlah kasus Covid di Indonesia sejak Maret hingga saat ini mencapai 4.109.093 orang. Kabar baiknya pasien sembuh juga terus bertambah, dan seringkali melampaui kasus baru.

Hari ini jumlah pasien sembuh bertambah orang, sehingga totalnya 21.208 orang, sehingga totalnya 3.798.099 orang. Tingginya pasien sembuh berkontribusi pada turunnya kasus aktif atau pasien yang membutuhkan perawatan, yang pernah mencapai lebih dari 500 ribu orang pada masa puncaknya.

Saat ini kasus aktif di Indonesia sebanyak 176.638 orang. Sayangnya kasus kematian juga masih terus bertambah, meski ada tren menurun dan ada 680 kasus kematian hari ini. Dengan begitu total kasus kematian di Indonesia akibat pandemi mencapai 134.356 orang.

Pemerintah tengah menyusun strategi jangka panjang untuk mengantisipasi kemungkinan wabah Covid-19 akan tetap ada dalam waktu lama. Pilihan terbaik bagi masyarakat saat ini adalah tetap berdisiplin dan membiasakan diri dengan protokol kesehatan sebagai jalan menuju tatanan kehidupan baru. Pandemi ini telah berlangsung kurang lebih 1,5 tahun sejak pertama kali muncul di Wuhan, China pada akhir 2019 lalu.

WHO dan banyak negara, termasuk Indonesia telah bersepakat, bahwa langkah-langkah untuk hidup berdampingan dengan virus corona secara jangka panjang harus disiapkan.

Sumber : Makin Melandai, Kasus Covid-19 di RI Tambah 8.955 Hari Ini (cnbcindonesia.com)

Share this post


Tim Sales dan Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda